Saturday, 24 September 2011

CARA PASANG PLASTIC MIKA SEBAGAI PELINDUNG KALIGRAFI DAN PIGURA

     Kawan sekalian, …… pada kesempatan kali ini saya akan bagi-bagi pengalaman tentang cara memasang plastic mika pada hiasan dinding kita khususnya lukisan dan kaligrafi, kenapa harus dibungkus dengan plastic mika ……? Karena supaya lukisan atau kaligrafi kita tidak cepat kotor juga  terhindar dari tumpukan debu dan akan tahan lama tentunya, plastic mika ini mempunyai kelebihan tersendiri salah satunya akan melindungi pigura atau frame pada kaligrafi anda.
 Plastik mika bisa dipasang atau dibungkuskan pada pigura yang telah dipasang kaca dan juga pada pigura atau bingkai yang tidak  dipasang kaca. Fungsi dari plastic mika hampir sama dengan kaca namun kaca hanya melindungi bagian dalam atau isi dari frame tersebut. Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia perbingkaian tentu sudah tidak asing dengan plastic mika ini.

Untuk yang baru mendengar akan saya jelaskan sedikit, plastic mika adalah lembaran plastic tipis yang bening namun mempunyai sifat yang lebih lentur dan tidak mudah robek, plastic mika biasanya dijual dalam bentuk gulungan, satu gulung dengan lebar kurang ledih 140cm biasanya dijual dengan harga Rp.95.000,-  satu gulung dapat dipakai untuk membungkus puluhan lukisan berbingkai.

Baiklah kita mulai cara membungkus pigura dengan plastic yang satu ini.
1.
    Letakkan gulungan di lantai
2.    Buka sedikit, ujung kanan dan kiri anda injak dengan kaki sedang bagian tengah anda tahan     dengan tangan kiri lalu gunakan tangan kanan untuk mendorong atau gelindingkan gulungan tersebut agar terbentang sesuai dengan ukuran bingkai.
3.    Letakkan bingkai dengan posisi tengkurap atau lukisan menghadap ke bawah diatas plastik yang telah terbentang tersebut.
4.    Potong dengan gunting atau kater plastic mika tersebut lebih lebar kurang lebih 10cm bila bingkai berukuran cukup besar.
5.    Angkat sisa lebar plastic, lipat sedikit lalu kita steplest. ( proses ini dimulai dari bagian tengah dari panjang bingkai ).
6.    Tarik plastic pada bagian seberang dari lipatan yang telah anda steplest tadi, angkat keatas dan anda steples lagi pada kayu pigura bagian belakang tersebut. ( lakukan cara tadi pada sisi tengan pada lebar pigura lalu tarik dan steplest lagi pada sebrangnya ).
7.    Setelah keempat sisi tengah lalu cara tadi anda kerjakan lagi pada sisi sudut.
8.    Periksa, tarik dan steplest lagi pada bagian yang masih kendor.

Nah ……….. bingkai anda sudah terbungkus dengan plastic mika yang bening, ……..kini pigura atau bingkai anda siap untuk dijual dan menghasilkan rupiah atau dipasang pada dinding anda sendiri. Lukisan, kaligrafi atau gambar anda akan terlindungi dan akan lebih awet, ok ……. sobat semua saya kira cukup sekian kali ini ……. semoga bermanfaat ……….

Cara bikin bingkai dengan memanfaatkan kayu bekas.
Cara membuat kaligrafi motif kuno.
Cara mewarnai ornament dengan prada emas.
Jual bahan pewarna untuk kaligrafi timbul emas.

2 comments:

hafizi mina said...

Di toko apa bos biasa ada jual mika??

Risna Hanifah / AbuS said...

di pasar biasanya ada / toko karpet plastik .....yang kelihatan jual plastik rol-rolal ....

Post a Comment