Thursday, 20 October 2011

CARA MEMBERI MOTIF GURATAN ATAU TEKSTURE PADA BINGKAI KAYU

     Pada  postingan kali ini saya mengangkat tema tentang cara member motif gelombang atau teksture pada bingkai / frame / pigura kayu untuk menyambung postingan terdahulu tentang cara membuat bingkai dari kayu bekas. Cara member motif guratan atau teksture ini sebenarnya mudah sekali  yaitu hanya menggunakan bahan cat dan alat sederhana yang kita buat sendiri.


Bila anda sudah membuat bingkai / frame/ pigura dengan kayu palet seperti yang telah saya contohkan terdahulu anda tinggal melanjutkan dengan member motif guratan atau teksture pada bingkai kayu anda. Motif guratan atau teksture ini sekaligus menjadi cat dasar dari bingkai kayu kita sebelum melakukan finishing dengan warna gradasi ataupun warna emas menggunakan prada foil.

Tapi sebelum kita mulai membuat motif guratan atau teksture pada bingkai /frame / pigura kayu kita, anda bisa memberikan sedikit profil / perpil / menghilangkan kesan tajam pada bingkai bagian dalam /atau apalah bahasanya …….. sehingga bingkai kayu kita tampak luwes dan tidak terlalu kaku nantinya. Setelah itu anda harus priksa permukaan bingkai kayu dan menambal  atau anda dempul cekungan dan lobang-lobang kecil bila ada.

Untuk  mendempul atau menambal anda bisa menggunakan bahan dempul jadi atau membuat sendiri dari campuran lem kayu dengan talk atau dengan kalsium, talk dan kalsium kedua bahan ini hampir sama tapi lain dari segi sifat dan kekerasan. Talk lebih halus dan cenderung elastic setelah tercampur dengan lem kayu, sedangkan kalsium mempunyai teksture agak sedikit kasar tapi lebih keras bila campuran dengan lem ini sudah kering. Untuk cara membuat dempul mungkin anda sudah tahu yaitu tungkan sedikit lem kayu lalu beri beberapa sendok kalisium atau talk dan olah dengan kape atau triplek bekas.

Setelah semua lobang anda dempul anda harus amplas kayu bingkai anda secukupnya tidak usah terlalu halus, hanya menghilangkan sisa-sisa dempul dan bekas profilan dan gergajian yang kasar. Setelah agak halus dan semua permukaan rata bingkai kayu anda siap diberikan sentuhan motif guratan atau teksture dengan menggunakan cat tembok yang mempunyai kadar acrylic banyak dan agak kental.

Peralatan dan bahan yang di butuhkan:
1.    Cat tembok kental yang mengandung banyak kadar acrylic. ( karena akan membuat guratan atau tekstur kuat dan tidak mudah retak )
2.    Kuas besar ( disesuaikan dengan kayu bingkai yang akan anda cat )
3.    Alat pembuat guratan atau teksture ( Anda bisa membuat alat teksture ini dari plastic bekas tutup cat, anda potong kotak kurang lebih 7 cm lalu anda  gunting sig-sag seperti mata gergaji kayu pada salah satu sisinya )

Cara kerja / cara pembuatan motif tekture atau guratan pada pigura :
1.    Lakukan pengecatan salah satu ruas dengan agak tebal setelah itu anda tempel –tempel / sentuh –sentuh dengan ujung kuas dari ujung ke ujung ruas.
2.    Tarik garis-garis lengkung atau lurus dari dalam kea rah luar bingkai ( menyamping ) dari ujung ke ujung ruas.
3.    Setelah itu tarik garis-garis yang berlawanan dari ujung keujung ruas bingkai anda.
4.    Lakukan cara pemberian teksture tadi pada setiap ruas dari bingkai kayu anda

Nah,………. Bingkai kayu anda sudah tampak ber teksture dengan motif guratan, lalu anda tinggal menjemurnya ( bila cat yang anda gunakan terlalu kental, guratan bingkai anda perlu anda ampelas karena pasti kasar, tips supaya anda tidak usah mengamplas anda bisa menggunakan cat yang tidak terlalu kental dan melakukan pengecatan pada saat suhu tidak terlalu panas sehingga hasil guratan motif atau teksture akan halus dengan sendirinya ) saya kira cukup sekian…….. untuk cara memberikan cat gradasi dan finishing dengan alat semprot sederhana akan saya posting di waktu yang akan datang insyaAllah, ………

- Cara membuat bingkai atau pigura dengan kayu bekas
- Teknik finishing dan pengecatan bingkai kayu.
- Cara pasang plastik mika pada bingkai atau frame

3 comments:

Anonymous said...

hrga prada kertas 1 gulung brapa yaa??

Risna Hanifah / AbuS said...

Ada daftar harga prada emas, gold leaf, silver leaf dll .... silahkan anda baca baca blog ini ......tq

Deden A Siswajie said...

thx

Post a Comment