Jumat, 02 Desember 2011

CARA BIKIN ALAT UNTUK MEMOTONG KAYU BINGKAI

    Karena banyak yang nanya, kali ini saya akan share cara bikin alat untuk memotong siku kayu bingkai,.. alat yang akan kita bikin sangat sederhana tapi manfaatnya sangat membantu kita dalam mempercepat pemotongan kayu bingkai.Kalau sudah maju dalam berbisnis bingkai tentunya alat memotong siku yang seperti ini akan kita singkirkan, tapi untuk tahap belajar dan mencarai pengalaman supaya jiwa seni kita menyatu dengan pekerjaan yang kita nikmati, fase menggunakan alat pemotong siku bingkai harus kita lewati .......he..he..
Ada juga alat pemotong siku kayu yang dijual di pasaaran yang terbuat dari besi,...... sedikit dari diskripsi alat ini seperti ini..... terbuat dari besi, bagian lempeng dasar ada semacam tombol yang bisa kita tekan sehingga derajat siku dapat diatur, pada bagian atas adalah sebuah gergaji yang dirancang khusus sehingga menyatu namun dapat diputar sesuai derajat yang kita inginkan, bagian mata gergaji dapat dilepas dan diganti,...... alat semacam ini sangat presisi sehingga derajat kayu bingkai yang kita sambung ...... hasilnya mantap. harga pasaran alat pemotong kayu bingkai seperti ini antara Rp.250,000,- sampai Rp.350.000,-
Alat potong siku, Bingkai atau kayu
Perlu kita kenal juga alat pemotong siku yang paling cepat yaitu menggunak dinamo, mata gergaji berbentuk baja bulat mungkin alat ini akan sobat gunakan bila sobat sudah sukses berbisnis bingkai,...alat ini membutuhkan perawatan yang extra dan membutuhkan daya listrik yang cukup besar yaitu 900 w keatas. harga di pasaran dari mesin pemotong siku kayu bingke seperti ini mulai Rp. 1.500.000,- tergantung merek dan daya......

Bagi anda yang baru memulai bisnis bingkai sebaiknya mulai dari membuat alat untuk memotong siku bingkai sendiri caranya mudah kok,...... berikut bahan dan cara pembuatan:

Bahan:
1.  Kayu balok ( siapkan kayu balok yang cukup keras namun rata permukaanya, panjang kitakira 45 cm sampai 50 cm, lebar 10cm, ketebalan 3-6cm)
2.  Papan kayu ( 2 buah papan kayu yang cukup keras dan lurus, panjang disesuaikan dengan kay balok, lebar 8-10cm, ketebalan 2-3cm).

Cara bikin :
1.  Menempel kedua papan kayu. ( Tempel kedua papan kayu pada kanan dan kiri balog dengan paku, Letakkan kayu balok di lantai.... tempel kedua papan lurus dan rata pada balok pada bagian bawahnya)
2.  Membuat garis jalur siku untuk mata gergaji ( Anda bisa menggunakan alat siku...... bila tidak punya anda bisa memanfaatkan sudut sudut pada lantai keramik rumah anda,.......Cara: letakkan kayu balok yang sudah anda beri papan tersebut pada lantai ...lurus mengikuti garis lantai...... trus ambil sudut salah satu keramik kesudut lain yang melewati balok kayu tersebut .... lalu beri garis dengan pencil,....... jangan lupa beri garis kebawah juga .......)
3.  Gergaji kedua papan ( gergajilah kedua papan yang telah anda beri garis siku melintang tersebut sampai mata gergaji menyentuh permukaan balok) jadi deh,........

Itulah cara sederhana membuat alat untuk memotong siku kayu bingkai ..... selanjutnya anda bisa tes untuk memotong kayu kecil ....... dengan menaruh kayu yang anda ingin potong,.....pegang pada sebelah kanan kayu dengan tangan kiri,........ dan sebelah kiri kayu anda bisa injak dengan kaki kanan anda he..... he...., potong  kayu tersebut dengan gergaji mengikutu jalur gergaji yang telah anda buat tadi........ setelah anda memotong dua kayu ...... lalu anda bisa coba untuk menempelkan kayu tersebut dengan paku ...... sudah siku kah?.....
Nah ....... cukup sekian ya...... trims.....

10 komentar:

lukisan mengatakan...

mana gambarnya? kok gak ada.....

Risna Hanifah mengatakan...

Sobat,..... sorry baru kasih gambar alat potong siku bingkai dan kayu yang terbuat dari besi, ....semoga bermanfaat....

Panen Rezeki mengatakan...

bos kalau alat sugu/ serut pembuat piguranya senduri ada ngakya, cos saya dah brosing belum ketemu.. bisa bantu nggak ... trimakasih.

usman mengatakan...

alat pembuat pigura ada yang pakai mesin ada juga yang manual .... intinya gabungan dari beberapa alat mata profil atau perpil. yaitu suatu alat untuk membentuk pola cekung atau cembung pada kayu ..... yang manual ada yang pakai dinamo ...bentuknya seperti bor .... tapi matanya beda ... harga di toko mulai dari 150 rp ....atau bisa memanfatatkan serut dorong manual yang anda bentuk sendiri matanya dengan kikir.....

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb. Mohon bisa dikirim gambar dan daftar harganya untuk reseller ke : ficktor.jaya@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum........ Mbak bisa minta gambar + daftar harga + ongkos kirim untuk daerah Blitar terimakasih Wassalam ........
email : leksisuhartono@yahoo.com

rachman widjaya mengatakan...

tolong share gambar pemotong yang pake dinamo gan... rachmanwidjaya@yahoo.co.id

Risna Hanifah / Abu Saleh mengatakan...

ow blum pernah lihat ya ..... nanti yah ....

aghedz mengatakan...

bisa gak gambarnya dikirim ke email saya ( gedzvespa@gmail.com ), saya rencana mau buat alat juga untuk keperluan home industri pemberdayaan pengangguran,
semoga budi baiknya dibalas berlipat ganda oleh alla swt, amin
terimaksih

Kaligrafi Kuningan mengatakan...

kok gambarnya ga ada ya? cuma ada foto alatnya yg banyak dijual di pasaran,bukan buatan handmade
anyway, info yg bagus,semoga bermanfaat

Poskan Komentar

ads