Selasa, 10 Januari 2017

TUTORIAL KALIGRAFI TIMBUL LEM TEMBAK

TUTORIAL KALIGRAFI TIMBUL DARI LEM TEMBAK

ALAT DAN BAHAN

cara memegang glue gun
       Bismillaahirrohmaanirrohiim,….. Sobat … berikut sedikit saya sampaikan beberapa hal sederhana namun sangat penting untuk anda yang akan memulai belajar menulis kaligrafi timbul menggunakan lem tembak ….. yaitu tentang peralatan bahan dan cara menulis huruf timbul lem tembak …



Sodaraku sekalian kali ini saya akan memberikan tutorial seni membuat huruf timbul yang keren sehingga menambah inspirasi anda … dan setelah anda menyimak tutorial ini … andan bisa aplikasikan ke model  lain yang anda inginkan …. Berikut akan saya jelaskan tentang pengenalan alat dan bahan, cara menulis atau menggunakan alat dan bahan, cara menempelkan prada emas dan contoh beberapa motif yang bisa anda coba. Silahkan and abaca …

1.    PERALATAN

Glue Gun :

Bisa anda dapatkan di toko-toko di glodok …kalauglue gun atau lem tembak yg di jual di toko elektronik biasanya gak bisa di pakai,  banyak macam dan harganya dari Rp.25,000,- sampai dengan Rp.150,000,- lebih … tapi dari beberapa yang pernah saya coba … yang terbagus atau bisa di pakai adalah produk Taiwan … seperti terlihat dalam gambar. Harga sekitar Rp 75,000,- sampai Rp.150,000,- enak sekali buat nulis ….. tahan lama hingga tahunan … ( tips agar lebih awet …….( Penting: Cabut kabel bila tidak digunakan menulis lebih dari 1 menit karena lelehan glue akan naik dan bisa mampet)



 Pin-set

Gunanya untuk mencabuti sisa-sisa ekor tulisan dari lem tembak yang meleleh seperti benang …. sehingga tulisan rapi sebelum kita tempel dengan prada emas … alat ini bisa anda dapatkan di toko-toko penjual perkakas.

Gunting


Digunakan untuk memotong plastic pradaemas  menjadi lembaran-lembaran  dengan ukuran yang sesuai dengan baris huruf yang akan di tempel. Tapi untuk tulisan memanjang langsung bisa di tutup prada keseluruhan.

Kain bersih


Digunakan untuk menggosok plastic prada yang kita tempel pada hasil tulisan timbuldari lem tembak kita …. sebelum plastic prada kita tarik lepas. Kain yang bagus di pakai adalah kain yang agak keras sehingga hasil dari gosokan akan lebih rata.

2.    BAHAN-BAHAN

Glue stik

glue stiks / lem bakar

Ini adalah lem padat atau di sebut lem bakar ….. meleleh jika kena panas beberapa derajat …… sebagai tinta isi ulang pada glue gun … setelah itu bisa kita gunakan untuk menulis … Ada banyak merek dan macamnya … namun yang bisa di gunakan yang berwarna putih dan sedikit bening dan kaku…. warna putih berarti banyak mengandung   perekat ….. glue stik atau lem bakar bisa anda dapatkan di toko-toko elektronik …. Eceran sangat mahal satu batang bisa Rp.1,500,- sampai Rp.2,500,- ….. untuk mendapatkan harga yang lebih murah anda bisa mencari di toko elektronik terbesar di kota anda … satu kantong atau satu pac dengan isi 35-40 batang Rp.25,000,- sampai Rp.55,000,-

Prada emas dan perak


Tersedia dalam bentuk roll atau gulungan yang bisa di pakai yang bolak balik warna emas atau bolak balik warna silver.

Silahkan anda siapkan bahan-bahan seperti diatas … juga silahkan siapkan media dasar yang akan anda jadikan tempat untuk menulis … anda bisa menggunakan potongan tripleks, kardus, papan kecil dll … setelah itu anda bisa mulai mencoba menggunakan lem tembak atau glue gun untuk membuat beberapa percobaan.

CARA MENGGUNAKAN ALAT TULIS ( LEM TEMBAK / GLUE GUN )

cara memegang yang benar
1.   Setelah glue gun di aliri listrik ( masuk kan jek ke listrik ) … glue stik / lem tongkat siap dimasukkan ke dalam pena / glue gun.

2.   Letak  kabel jek ….. satu meter di atas meja kerja anda …. supaya kabel tidak  menempel atau merusak hasil tulisan … ( jarak bisa di sesuaikan dengan panjang kabel ).

3.   Tunggu beberapa menit hingga panas … setelah itu glue gun bisa digunakan untuk menulis.

4.   Cara memegang glue gun ... empat jari diatas gagang pena .... jempol / ibu jari digunakan untuk menekan tombol picu ( tangan kanan )


5.   Kemudian tangan kiri ( jari telunjuk dan ibu jari ) … memegang kira-kira 4 cm diatas mata pena ..... tujuanya supaya anda mudah untuk mengarahkan ujung pena ke arak yang anda inginkan dalam menarik garis ketika menulis .....
jarak kardus dan ujung gun 2cm

6.   Cobalah belajar menguasai glue gun …. Dengan membuat coretan pendek seperti tanda titik, koma, garis pendek, garis lengkung dll.

7.   Untuk membuat titik atau huruf yang lebar atau besar …. tombol picu di tekan penuh … sampai lelehan yang keluar banyak.
  



8.   Angkat pena beberapa cm ….. goyangkan cepat kekiri dan kekanan atau memutar  untuk memutus ekor tinta.

9.  Hasil tulisan langsung bisa di tempel dengan prada emas … ( tanpa di beri lem lagi ) … dengan cara menggosok dengan kain … setelah kering kira kira 1 menit … ( efektif sampai beberapa jam ), sebelum di tempel prada hasil tulisan jangan di sentuh … dalam menggosok jangan sampai terkena kain … supaya daya rekat lem yang ada pada gluestik efektif .......

  

10. Cabut aliran listrik bila ingin berhenti lebih dari 1 menit ...... supaya tidak rusak / meleleh ke atas.

CARA MENEMPEL PRADA UNTUK MENGHASILKAN WARNA EMAS YANG RATA



1.    Buatlah dudukan atau tempat untuk prada roll anda… anda bisa menggunakan papan bekas dan pralon kecil untuk membuatnya ….
2.     Silahkan anda potong prada emas menggunakan gunting … sesuai ukuran tulisan yang akan anda tempel pada huruf lem timbul.
3.    Kali ini saya menggunakan contoh potongan warna emas dan perak … yang saya potong dengan gunting sesuai ukuran tulisan yang akan saya tempel pada huruf timbul lem tembak, permukan prada bagian dalam atau yg lebih gilap atau yang cekung adalah bagian yang menempel pada tulisan!!!
4.    Letakkan potongan prada emas tersebut … tepat menutupi seluruh bagian tulisan lem timbul … yang akan anda warnai
5.    Tekan dengan kain pada seluruh permukaan prada emas hingga rata … lalu gosok dengan jari anda menggunakan kain … hingga seluruh permukaan plastic terlihat menempel rata pada huruf timbul.

6.    Kletek atau copot plastic prada emas

7.    Dan …. Tulisan, coretan, atau huruf timbul anda terlihat indah … berkilau … mengkilap dengan warna emas yang keren..


Silahkan anda mencoba dan belajar … menggunakan alat tulis dari glue gun atau lem tembak  ini sehingga anda menguasai … dan dapat dengan indah membuat huruf atau motif sesuai yang anda inginkan.



Peringatan: Dalam belajar menulis hendaklah jangan membuat ayat2 yg mengandung Asma-Nya dulu, karena akan terhinakan dengan di taruh sembarangan, terbuang di tempat samph, terinjak, terlangkahi dll sehingga menghinakan. Dalam belajar hendakya menulis huruf2 biasa dulu, dan hati2 menulis di meja atau tempat yg tinggi jangan di lantai ... seandainya kita menemui kaligrafi ayat2 dan sejenisnya berupa kerts ataupun lainya berceceran lebih baik dirapikan atau di musnahkan kalau sudah tidak terpakai dengan dibakar daripada terbuang atau terlantarkan. Terimakasih semoga bermanfaat.



19 komentar:

BIMKER Lapasma mengatakan...

Selamat Siang Pak Agus, Itu Bahan Dasar Yang Bagus Buat Kaligrafi Dari Lem Tembak apa yaa...... Jadi supaya Lem Tembak nya Bisa Melekat Dengan Kuat..... terima kasih...

Agus Sudirman mengatakan...

ya pak...pakai triplek di lapisi cat tembok atau di lapisi kain bludru...atau kain atau lainya....trus di tulis pakai lem tembak...trus di tempel gosok prada emas.

abdul basit mengatakan...

Bisa Mesan Brada Emasnya dan Selvernya Gak Mas

Unknown mengatakan...

Prada emas dan perak nya beli di mana mas. Mohon info nya.

Unknown mengatakan...

Prada nya beli di mana mas. Mohon info nya

Lukmanudin mengatakan...

Ada kontak yg bisa dihubungi buat pesan prada emasnya ?

Agus Sudirman mengatakan...

daftar harga prada emas, alamat prada emas tuh ada di kolom atas...

Unknown mengatakan...

Mas, boleh minta no kontak? Klo bisa skalian alamat mas, makasih

Agus Sudirman mengatakan...

no kontak, prada emas .... alamat no telp email silahkan dilihat di kolom tuh di atas komplit ...

nunk my ong mengatakan...

terimakasih infonya pak... semoga bermanfaat selama masih dilihat orang...

Agus Sudirman mengatakan...

silahkan yg mau oeder prada emas, foil emas, silver leaf etc

Biografi mengatakan...

Mantap nich tutorialnya.. Cocok buat istri ane yang baru belajar kerajinan tangan

Unknown mengatakan...

itu lem nya yg bagus pake lem merek apa kak,?
soalnya saya udah nyoba tapi pradanya ngak mau nempel

Unknown mengatakan...

mohon penjelasanya kak 🙏🙏

Anonim mengatakan...

Nempelin pradanya nunggu kering duku atau setengah kering mas?

Agus Sudirman mengatakan...

Nempelin pradanya nunggu kering paling bebeapa detik sudah kering atau sampai5 jam juga masih bisa nempel klu belum kesenggol dan kepegang pegang tangan dll. Kalau lem untuk kayu besidanlain lain yg bagus ya lem SKG yg untuk Prada foil.

Unknown mengatakan...

Maaf mohon info merk alat lem tembak apa ka..? Yang berapa watt..? Trimakasih

Agus Sudirman mengatakan...

Pake yg taiwan 40 watt, aja 2 atau 3 alat ganti ganti nulisnya jadi, nulisnya santai gak kepanasan dan hassilnya rapih.

Reni Maulina mengatakan...

Terimakasih ilmunya... izin mempraktekannya ☺🙏🙏

Posting Komentar