Sabtu, 18 Februari 2012

CARA SERVICE PENGECATAN FURNITURE WARNA SILVER LEAFE

   Juragan.....semua, kali ini saya " silva gilding " akan share pengalaman saya ....cara service pengecatan furniture warna silver....ceritanya begini....ada seorang desainer interior .....yang telah mendapati pesanan satu set kursi silver mewahnya dari jepara...dengan kondisi sangat memperihatinkan akibat kesalahan packing dalam pengiriman ...banyak goresan, retakan dan lecet ...hampir di seluruh bagian .....padahal furnitue harus segera dikirim ke pemakai......

Singkatnya .....saya di minta untuk memperbaiki atau service furniture warna silver tersebut ......yang sebelumnya beliau ( desainer interior ) tersebut sudah kesana kemari mencari tukang cat untuk menservice satu set kursi silver tsb......namun tidak ada yang sanggup.... karena finishing kursi tersebut menggunakan warna dengan silver leafe ....yaitu sistem pengecatan tempel dengan silver tisu...... lalu saya kerjakan.

Cara service cat furniture dengan warna silver leave ini memang agak sulit..... ada beberapa tahap tambahan.. dibanding pengecatan warna silver biasa....berikut akan saya sahare langkah demi langkah ....sehingga warna silver leafe yang dihasilkan elegant dengan warna perak yang nampak terlihat terpendam didalam lapisan pelindung.

Langkah service furniture warna silver leafe.....
1. Pengamplasan pertama pada bagian yang rusak karena retak, lecet, terkelupas ( periksa dan amplas pada bagian yang rusak sampai beberapa centi di seklilingnya... fungsi pengamplasan ini supaya pendempulan sempurna kuat merekat.... )
2. Pendempulan....( ada banyak dempul yang kuat .....salah satunya sanpolac ...yaitu dempul yang cepat kering bila sudah di campur dengan pengerasnya......)

3. Pengamplasan kedua ( gunakan amplas yang agak kasar .....supaya guratan hasil dempulan hilang ...sehingga permukaan hasil dempulan menjadi rata )
4. Pengamplasa tahap tiga ( menggunakan amplas yang sangat halus sehingga hasildempulan halus )
5. Pelapisan adhesive atau perekat ( cara pelapisanya .....dengan menggunakan kuas kecil....setelah itu di lap dengan kain halus dengan cepat ...sehingga lapisan adhesive tipis dan halus )
6. Penempelan silver leafe:
  - Buat dudukan tempat memotong silver leave ( bisa berupa tripleks dilapisi beberapa lembar kain yang kuat ....dan sekelilingnya diberi penahan angin .....supaya silver leave yang tipis tidak berhamburan ke mana2 )

  - Pemotongan silver leave ( letakkan silver leave diatas dudukan yang sudah dilapisi kain .....tiup tepat ditengah untuk meratakanya ......setelah itu potong menjadi bagian2 kecil sesuai yang di inginkan dengan pisau panjang dan tajam )
  - Penempelan potongan2 silver leave pada bagian furniture yang sudah di lapisi adhesive ( ambil potongan silver leave dengan pisau ....." pisau supaya dapat mengangkat silver leave harus di beri sedikit  minyak goreng dan di lap bersih dengan kain " tempelkan pisau pada pinggir silver leafe .... maka silver leafe akan ter

angkat dan mudah dalam menempe dan tepat pada bagian yg kita inginkan )
  - Penggosokan ( setelah menempel .....tekan silver leafe dengan kuas atau kertasnya dan sedikit gosok biar rata )

  - Penyemprotan dengan warna perak yang tipis ( setelah semua bagian tertempel......silahkan semprot dengan campuran silver cair tipis ..... sehingga ....hilang semua kesan belang yang ada )
  - Lapisan finishing ( setelah kering ......semprot dengan cairan glossy ....atau pelindung .....tunggu kering dan......... selesai )

Itulah ....sobat sekalian tahap tahap cara service pengecatan furniture warna silver leaf dari silva gilding .....sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan .....kuat ... elegant .....warna furniture .... silver ....tampak mengkilap terpendam pada bagian dalam ......pengaruh dari silver leaf .........thanks.....

- Cara pengecatan ornament sytem gilding dengan prada emas atau gold leaf roll
- Jual bahan cat gilding gold leaf paper dan roll juga perekat / adhesive
- Pengecatan ulang furniture dengan warna emas yang mengkilap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar