Friday, 27 April 2012

PERBEDAAN CARA PEMAKAIAN ADHESIVE / PEREKAT

   Sobat sekalian ..... ada tiga macam tipe adhesive atau perekat untuk prada emas roll atau gold leaf kertas, setiap macam mempunyai perbedaan cara pemakaian atau cara pengaplikasian adhesive tersebut pada media. Berikut silva kaligrafi & gilding akan memberikan cara pemakaian / penggunaan dari setiap adhesive produk saya. Sehingga anda lebih mudah untuk menentukan adhesive yang cocok dengan keperluan  dan pas dengan kebutuhan pekerjaan anda.


1. ADHESIVE MILK GILDER/ WB GILDER/ lem prada dan gold leaf terbaik.
    Warna            :  White milk
    Pelarut           :  Air bisa sampai 50% untuk media halus atau tanpa air untuk media kasar.
    Kelamahan     : Produk hanya banyak di eropa dan usa atau di SKG.
 Aplikasi pada : Semen, kayu, besi, plastik, kaca, mika, kertas, fiber, batu, pvc, seperti: ceiling, tembok, motor ,mobil ,sterofoam / gabus, pagar, kuali tanah liat, profil gipsum dan hampir semua media bisa.
    Sifat               : agak kental, lengket, elastis ( bisa di encerkan dengan air )
    Ketebalan      : Bisa 1 pelapisan sangat tipis dengan dilap menggunakan kanebo atau sampai 3 lapis pelapisan  tipis maupun tebal.  
   Waktu efektif  : Kurang lebih 1 menit setelah kering sentuh hingga 2  hari.
    Cara penggunaan : Bersihkan media ==> pelapisan bisa menggunakan kanebo ( untuk media halus)  kuas, semprot, roll, spons, kain ===> tunggu beberapa menit kering ===> Tempelkan prada roll atau  ===> ratakan permukaan prada dengan kain ===> gosok centi demi centi dengan kayu dilapisi selembar kain yang kuat hingga rata ===> anda bisa lakukan timpa ulang dengan adhesive dan tempel gosok dengan prada untuk hasil yang maksimal ====> Pelapisan pelindung cukup dengan waterbased warnish anti scratch ( bila media halus dan pengeliman tipis maka setelah di tempel prada sudah sangat kuat dan meleset walau di gores dengan kuku jadi tidak perlu di pernis ) ====> tunggu kering ===> bisa tambah dengan pelapisan top coat lagi bila anda inginkan bisa dengan pernis 3 komponen , resin kaca, pu, dll.

2. SEALT GOLD MAKER white / putih.
   Warna               : Putih .( prada emas / gold leaf )
   Pelarut              : Water base
   kelemahan         : lama kering lebih cocok untuk gipsum saja karena tidak kuat atau koyak walau di top coat tebal.
 Aplikasi pada    : Profile gipsum, kayu, besi, plavond, tembok atas, steriofoam / gabus untuk pajangan atas, kuali tanah liat, plastik, mika atau semua yg tidak di sentuh dll.
   Sifat                  : Agak encer, sangat lengket sekali,semakin kering semakin lengket ( Bisa diencerkan lagi dengan air ).
   Ketebalan         : bisa tipis dan rata lebih bagus, cukup 1 atau 2 kali lapisan tipis.
   Waktu efektif      : kurang lebih 5 menit setelah kering sentuh hingga 2hari lebih.
  Cara penggunaan : Bersihkan media ===> pelapisan bisa dengan kuas setelah itu di lap dengan kain hingga tipis dan rata ===>tunggu beberapa menit kering ===>tempelkan Gold leaf atau prada emas===> tekan2 dengan kain halus dan licin untuk gold leaf atau lainya ===> Pelapisan pelindung waterbased pernis atau bisa langsung dengan pelapisan tebal dengan pernis, resin kaca, pu dll atau dengan teknik lain yang sudah anda kuasai.

3. GOLD MAKER OIL/ OIL GILDER
  Warna              : Bening agak gelap ( untuk prada atau gold leaf )
  Pelarut             : Tinner .
  Kelemahan       : Varnish harus waterbased dulu.
 Aplikasi pada    : Besi, Ukiran kayu, ukiran besi, batu, body motor, pagar rumah, furnitre dll yang anda inginkan.( tidak bisa untuk stireofoam )
 Sifat                    : Oil base, Sangat lengket dalam waktu efektif. keras setelah kering.
 Ketebalan             : Bisa tipis ataupun tebal.
 Waktu efektif      : Setelah 1 jam hingga 4 sampai 5 jam berikut.
 Cara penggunaan : Bersihkan media ===> pelapisan dengan semprot, kuas===>Tunggu setengah jam bila di jemur dan satu jam bila tidak di jemur ....bener benar kering ===> tempelkan prada emas atau goldleaf ===> ratakan permukaan dengan kain ==> Untuk prada emas gosok centi demi centi dengan kayu yang di bungkus dengan kain ===> tidak dipernis juga bisa ..... atau pernis waterbase dulu dan anda bisa tambah lapisi pernis oil, resin atau pu setelah kering.

Update/ ket: Sebaiknya anda menggunakan WB GILDER  karena lem prada atau lem gold leaf ini yg terbaik :
- Sudah teruji pada banyak proyek dan hampir semua media yang telah kita kerjakan.
- Menjadikan senyawa gold leaf atau prada sebagai hardenernya ... yaitu sebelum di tempel prada lem akan efektif lengket sampai waktu relatif lama dan setelah di tempel prada maka akan mengeras, jadi untuk media halus hasil finishing bisa anti gores walau tanpa di varnish ... hasil mirip seperti chrom.

 Nah itulah beberapa perbedaan cara pemakaian adhesive / perekat untuk hasil yang lebih memuaskan .... tapi anda bisa mencoba beberapa teknik yang anda inginkan menyesuaikan dengan sifat dari masing-masing adhesive tersebut ... bagi pemula sebaiknya anda mencoba coba dulu pada media kecil sebelum di aplikasikan pada pekerjaan anda, ....terimakasih.

update dan koreksi. tgl.27/01/2015.
.....................................................  silva kaligrafi dan gilding  ...............................................................


No comments:

Post a Comment