Wednesday, 2 May 2012

BAHAN FINISHING SETELAH LAPISAN GOLD LEAF / PRADA EMAS

        Setelah anda mendapatkan furniture kayu atau media lainya terlapisi dengan gold leaf  atau prada emas .. selanjutnya anda perlu memilih bahan finishing yang sesuai dengan sifat adhesive yang anda telah pakai ... terkadang bahan finishing setelah lapisan gold leaf / silver leaf atau prada emas / perak ini membuat sedikit berubah kehitaman pada warna emas .... kalau seniman eropa biasa mengatasi dengan sealer khusus yang mahal, tapi kita bisa mengatasinya dengan bahan water based anti oksidasi dan scratch ... kemudian bisa dilanjutkan dengan pelapisan menggunakan bahan-bahan dibawah ini.
Perhatian .......perhatian ....setelah anda rapi menempel gold leaf ....anda harus ikat warna emasnya dengan pernis oil / water base anti gores dulu supaya warna emas tidak berubah. ...jadi bila anda menempel gold leaf pada lemari dsb ...... satu muka rapi  harus langsung anda lapisi dulu dengan pengikat warna oil / water based anti scratch  tsb......jangan terlalu lama dibiarkan terkena sentuhan keringat dan perubahan warna emas karena oksidasi. ...sedang untuk pelapisan tambahan dengan bahan-bahan di bawah ini......bisa anda lakukan setelah semuanya rapi. .. ini hanya berlaku untuk gold leaf sedang prada roll tidak perlu.

update : gold leaf lebih cocok di tempelkan diatas adhesive waterbased milk  untuk beragam finishing, begitu juga prada emas juga paling fleksibel di tempelkan dan digosok diatas adhesive wb milk ..... kemudian di finishing tipis dengan cara dilap dengan waterbased anti scratch varnish ( pernis air anti gores ) kemudian anda bisa tambah dengan aplikasi top coat tambahan bila mau .... dengan bahan2 dibawah ini:

A. NC  Lacquer
                  Jenis yang saat ini populer dan mudah diaplikasikan adalah NC ( NitroCellulose ) lacquer. Bahan finishing ini terbuat dari resin Nitrocellulose / alkyd yang dicampur dengan bahan ' solvent ' yang cepat kering, yang kita kenal dengan sebutan thinner. Bahan ini tahan air ( tidak rusak apabila terkena air ) tapi masih belum kuat menahan goresan. Kekerasan lapisan film NC tidak cukup keras untuk menahan benturan fisik. Bahkan walaupun sudah kering, NC bisa ' dikupas ' menggunakan bahan pencairnya ( solvent / thinner ). Cara aplikasinya dengan system spray ( semprot ) dengan tekanan udara.
B. Melamine
                  Sifatnya hampir sama dengan bahan lacquer. Memiliki tingkat kekerasan lapisan film lebih tinggi dari lacquer akan tetapi bahan kimia yang digunakan akhir-akhir ini menjadi sorotan para konsumen karena berbahaya bagi lingkungan. Melamine mengandung bahan Formaldehyde paling tinggi di antara bahan finishing yang lain. Formaldehyde ini digunakan untuk menambah daya ikat molekul bahan finishing.
C. PU ( Poly Urethane )
                  
Lebih awet dibandingkan dengan jenis finishing sebelumnya dan lebih tebal lapisan filmnya. bahan finishing membentuk lapisan yang benar-benar menutup permukaan kayu sehingga terbentuk lapisan seperti plastik. Memiliki daya tahan terhadap air dan panas sangat tinggi. Sangat baik untuk finishing produk outdoor, kusen dan pintu luar atau pagar.Proses pengeringannya juga menggunakan bahan kimia cair yang cepat menguap.
D. UV Lacquer
                  Satu-satunya aplikasi yang paling efektif saat ini dengan ' curtain method '. Suatu metode aplikasi seperti air curahan yang membentuk tirai. Benda kerja diluncurkan melalui 'tirai' tersebut dengan kecepatan tertentu sehingga membentuk lapisan yang cukup tipis pada permukaan kayu. Disebut UV lacquer karena bahan finishing ini hanya bisa dikeringkan oleh sinar Ultra Violet (UV). Paling tepat untuk benda kerja dengan permukaan lebar papan atau plywood.
                 E. Waterbased Lacquer
                 Jenis finishing yang paling populer akhir-akhir ini bagi para konsumen di Eropa dan sekitarnya. Menggunakan bahan pencair air murni (yang paling baik) dan resin akan tertinggal di permukaan kayu. Proses pengeringannya otomatis lebih lama dari jenis bahan finishing yang lain karena penguapan air jauh lebih lambat daripada penguapan alkohol ataupun thinner. Namun kualitas lapisan film yang diciptakan tidak kalah baik dengan NC atau melamine. Tahan air dan bahkan sekarang sudah ada jenis waterbased lacquer yang tahan goresan.Keuntungan utama yang diperoleh dari bahan jenis ini adalah lingkungan dan sosial. Di samping para karyawan ruang finishing lebih sehat, reaksi penguapan bahan kimia juga lebih kecil di rumah konsumen.

     Itulah sobat sedikit tambahan dari saya .....semoga bermanfaat bagi anda yang masih belajar dan sedang mencari bahan finishing yang cocok setelah lapisan gold leaf / prada emas anda tempelkan. .....mohon maaf bila ada kekeliruan ...... thank's

No comments:

Post a Comment