Rabu, 05 Oktober 2011

CARA PENGECATAN BACKGROUND DAN CAT DASAR SEBELUM MENULIS KALIGRAFI


    Baik sobat semua ……… kali ini saya ingin membagi  pengalaman saya tentang cara pengecatan background dan cat dasar sebelum menulis kaligrafi. Pengecatan dasar dan gradasi background adalah hal yang penting sebelum menulis kaligrafi  khususnya kaligrafi timbul atau kaligrafi tinta emas yang biasa saya bikin, cat dasar dan gradasi warna pada background sangat menentukan atau sangat menunjang keindahan hasil tulisan kaligrafi yang kita bikin.


Sebelum anda melakukan pengecatan  background dan cat dasar pasti anda sudah menentukan media dasar sebelumnya seperti kanvas atau tripleks , kali ini saya akan member contoh gambar dengan media dasar yang mudah didapat dan murah harganya yaitu tripleks, dan saya berikan contoh pengecatan background oval dengan cat polos didalam dan motim garis-garis lengkung diluarnya. Model cat background seperti ini bisa anda isi dengan tulisan kaligrafi timbul sesuai keinginan sobat ...... setelah jadi, kering dan setelah pengecatan gradasi warna seperti contoh dibawah :

Ok, …… kita langsung saja mulai langkah demi langkah untuk membuat cat dasar / backgraound seperti contoh background di bawah, ..... sebelum menulis kaligrafi.

 1.    Cara membuat garis oval didalam triplek ukuran 60 x 90 cm.
Dalam membuat garis oval pada media triplek ……. Anada bisa menggunakan mal yang sudah anda bikin sebelumnya ( mal bisa menggunakan kertas tapi bila anda ingin membuat kaligrafi dalam jumlah yang banyak sebaiknya anda menggunakan triplek ) , tarik garis mengikuti bentuk mal menggunakan pensil .

2.    Cara pengecatan pada bagian dalam oval dengan rata.
Anda bisa menggunakan cat tembok tapi harus yang mempunyai kadar acrylic tinggi, ….. karena akan memperkuat gigitan tinta panas yang melekat pada cat tersebut.

3.    Cara pengecatan pada bagian luar garis oval.
Silahkan anda cat bagian luar garis oval dengan rata dan lebih tebal ( pengecatan lebih tebal karena akan kita tarik garis-garis lengkung menggunakan plastic yang sudah anda modivikasi missal berbentuk gerigi).

4.    Cara menarik garis-garis lengkung untuk membuat motif sesuai keinginan anda.
Pembuatan motif dalam menarik garis menggunakan alat ,..... harus dilakukan sudut demi sudut ( Hal ini untuk mengantisipasi karena cepat keringnya cat sehingga setelah pengecatan pada sudut pertama dengan  cat tebal, …… harus langsung anda tarik garis untuk membuat motif ).

Nah, …… demikian tulisan saya tentang cara pengecatan  background atau cat dasar sebelum anda menulis kaligrafi. Eh, ….. tapi jangan langsung anda tulis dengan kaligrafi karena anda harus memberikan sentuhan warna gradasi baik pada bagian dalam garis oval maupun pada bagian luar seperti contoh gambar di atas, …….. mungkin postingan selanjutnya saya akan memberi contoh tentang memberikan sentuhan warna gradasi …………. Sekian dulu  thanks’ …….

- Belajar teknik dasar menulis bentuk timbul huruf kaligrafi
- Cara membuat kanvas yang tahan lama dan anti jamur.
- Video Cara membuat sketsa sebelum menulis kaligrafi timbul.
- Cara menulis kaligrafi dengan tinta emas.
- Cara meluruskan triplek yang tidak rata

6 komentar:

Anis InsanPerindu mengatakan...

ass.. IZIN share, yach... tQ

Agus Sudirman mengatakan...

ok .....makhluk perindu .....kwek...kwek...

Laili__Inayah_Crf mengatakan...

Keren,,,, dpt pengetahuan baru,,, thank's,,,

Hamid mengatakan...

mkshhhh bosss....hebtttttt

Hamid mengatakan...

hebatttt mantap kng

Aly S Diqin mengatakan...

hehe izin share kang, mau praktek,,
syukron..

Posting Komentar