Senin, 02 April 2012

CARA BUAT BINGKAI ATAU PIGURA DARI BAMBU

   Cara bikin bingkai bisa dengan beragam bahan ....bila anda adalah seorang yang kreatif ..... cara buat bingkai atau pigura dari bambu adalah salah satunya, sekarang saya akan membagikan pengalaman saya tentang bikin bingkai dari bambu. Bambu ........ bila di beri sedikit sentuhan seni akan menghasilkan karya seni yang indah ...seperti pigura yang pernah saya bikin dan sudah banyak saya pernah menjualnya ......langsung saja akan saya share langkah demi langkah sederhana.


1. Pemilihan Bambu.
    Kalau masalah bambu bisa bambu apa saja sih ... semuanya bisa indah ...tapi untuk yang lebih mudah anda bisa gunakan yang lurus dan mempunyai ruas yang panjang dan sudah tua tentunya.
2. Pemotongan Bambu.
    Ukur berapa panjang dan lebar pigura yang anda ingin buat. lalu potong bambu yang masih bulat dengan gergaji ..... panjang potongan ini adalah ukuran bagian luar dari frame yang ingin sobat buat.....karena anda akan memotong siku pada setiap ujung bambu yang sudah anda belah nantinya.
3. Belah menjadi empat sama lebar.
    Setelah anda belah dengan golok atau pisau besar .... anda bisa ukur dengan meteran lentur sehingga anda bisa mendapatkan empat belahan bambu yang sama lebarnya.
4. Raut atau haluskan pada semua bekas belahan.
   Ada bisa gunakan pisau yang tajam untuk merautnya sehingga bambu menjadi halus.
5. Amplas bambu dengan halus.
   Gunakan amplas halus untuk hasil yang memuaskan.
6. Beri sedikit kesan garis.
   Ukur dari sisi pinggir 1 cm .... ambil pisau yang berujung tajam .....tancapkan ujung pisau dan silahkan  sedikit ketukan dengan kayu pada pisau anda ....yah kira-kira kedalaman 2 mili ....lalu congkel, angkat dan tarik ....maka anda akan mendapatkan garis lurus pada bambu dengan lebar cekungan kira-kira seperempat centi. kerjakan teknik tersebut pada keempat belahan bambu anda.
7. Potong setiap ujung bambu 90 derajat.
   Untuk menghasilkan garis siku   sobat bisa gunakan garis diagonal pada lantai keramik anda....cara memotong ...ganjal pada bagian bambu yang telah anda beri cekungan garis di atas dengan kayu ....tebal kayu kira-kira 1 cm ...sisi yang di ganjal ini nantinya akan menjadi bagian dalam dari pigura anda sehingga pigura atau bingkai anda akak terlihat menonjol pada bagian dalam. .....silahkan potong keempat ujung bambu anda dengan sudut 90 derajat. ....berarti anda harus menggergaji delapan kali.
8. Sambung keempat sudut bambu.
   Cara menyambung setiap sudut bambu ...anda harus gunakan isi setepler besar ....anda tidak perlu gunakan alat seteplernya ... namun anda bisa gunakan 1 biji isi setepler dan ketok dengan palu kecil ....karena kulit bambu sangat keras anda karus beri titik dengan ujung paku dan anda ketok dengan palu ....sehingga kedua mata stepler dapat dengan mudah menembus kulit bambu.... namun anda harus ganjal bambu anda dengan kayu pada bagian dalamnya ....... dan silahkan steples sambungan siku bambu anda denga 3 atau empat seteples ......setelah keempat sudut anda setepler ......balik pigura bambu anda ....dan silahkan setepler pada bagian dalam ...anda bisa gunakan alat stepler karena baguan dalam agak lunak.
9. Beri sentukan warna pigura anda.
   Anda bisa gunakan pernis langsung ...atau anda bisa gunakan sentuhan prada emas pada bambu anda ....maka bambu anda akan kelihatan muantapppppp dan berkilau dengan warna emas.
10. Pasang lukisan atau kaligrafi anda pada bingkai bambu.
   Cara pasang lukisan .... bila lukisan anda dari kanvas atau kertas .....anda harus menempelkanya pada tripleks dahulu. ....lebar triplek harus lebih 2 cm dari ukuran lebar pigurabambu bagian dalam anda .....cara pasang triplek yang sudah anda lukis dengan kaligrafi ..... taruk bingkai bambu anda di lantai dengan posisi bingkai menghadap kebawah ....letakkan kaligrafi triplek anda tepat pada tengah bingkai .... silahkan anda gunakan paku kecil atau stepler besar pada sekeliling pinggir triplek. setelah itu tutup dengan lakban ...sehingga tampak rapi....dan berilah gantungan dengan tali ....

Kelar deh bingkai indah anda .....tampaknya sederhana kan ....tapi bila anda mendalami dan mahir dalam membuat bingkai unik  khusus dari bambu ini .. anda mungkin bisa sukses ....saya rasa cukup tips dan cara buat bingkai atau pigura dari bambu ini ...silahkan mencoba .... semoga menambah inspirasi anda untuk berkesenian dan berwira usaha ...... sukron .......

2 komentar:

Fitrotun Nisa' mengatakan...

contoh gambarnya kok nggak ada? kasih contohnya dong

Risna Hanifah / AbuS mengatakan...

Iya ya... silva kaligrafi belum upload .... udah lama gak bikin dari bamboo ... coba tar tak cari gambarnya .....tq

Poskan Komentar

ads