Rabu, 20 November 2013

CARA PASANG SILVER LEAF PADA DAUN PINTU

Tuorial singkat kali ini yaitu ... cara pasang silver leaf pada media flat seperti daun pintu, untuk cara aplikasi atau pemasangan silver leaf pada media yang rata bisa langsung menggunakan ukuran setandar silver leaf  14cm x 14cm, 16cm x 16cm atau dengan cara memotong setiap silver leaf yang akan di tempel menjadi dua bagian sehingga bila memang kita akan menampakkan garis garis sambungan akan kelihatan memanjang pada tiap kotaknya, atau bisa juga dengan penempelan acak ... dengan cara di robek robek sesuai keinginan anda.

Ada sedikit perbedaan ..... pemasangan silver leaf pada media flat pada ceiling dengan pemasangan pada  tembok ataupun partisi, perbedaan pemasangan yaitu pada cara mengampil silver leaf untuk di tempelkan pada media datar tersebut. Sedangkan adhesive .... untuk partisi ataupun tembok bagian bawah lebih baik menggunakan oil based .... namun untuk ceiling bisa dengan water based.

Kebetulan kita baru ada kerjaan pemasangan silver leaf pada beberapa daun pintu .... yang mana ... pemilik daun pintu tersebut ingin pemasangan silver leaf dengan ukuran setandar yang 16 x 16cm, dan garis garis pada setiap sambungan minta di tampakkan tapi dengan penampakan agak samar .... he .. he juga dengan finishing doff.

Berikut tutorial singkat berupa gambar .... cara pasang silver leaf pada daun pintu :

Daun pintu siap di pasang silver leaf
Sebelum pemasangan silver leaf ...... permukaan media harus benar benar bersih ..... karena pada bagian pinggir pada pintu ini  terdapat lis yang tidak akan terkena silver leaf maka .... diberi pengaman menggunakan lakban kertas.

Pelapisan adhesive sebelum silver leaf
Tahap kedua sebelum pelapisan adhesive .... harus diberi garis tanda ..... bisa menggunakan pencil .... sehingga penempelan silver leaf tidak brantakan dan tampak lurus dan rata. kemudian bisa dilanjutkan dengan pelapisan adhesive atau lem ..... bisa menggunakan kuas ... roll ataupun spray.

Penempelan silverleaf dari pojok, sedikit di tumpang
Penempelan silver leaf dilakukan dari pojok bagian  kanan bawah .... sehingga pengambilan silver leaf dari tempatnya .... dengan tangan kanan kemudian sedikit ditekan dengan tangan kiri .... lebih mudah dilakukan ..... juga hasil barisan silverleaf akan rata .

silver leaf miror, sebelum di clear doff

Setelah semua tertempel .... periksa .... mungkin ada sedikit bagian yang belum tertutup oleh silver leaf .... bila ada .... silahkan tempel menggunakan sisa sisa potongan .....



silver leaf pada daun pintu
Kemudia sapu dengan kuas halus .... agak ditekan .... dimulai dari bagian garis ....sehingga sisa sisa silver leaf pada garis yang menumpang .... bisa rata menempel menutupi garis, bila ingin menampakkan garis sambungan .... maka sapu sapukan kuas bolak balik searah garis.

Silver leaf, clear doff top coat
Tahap terahir .... pelapisan top coat clear gloss bila ingin permukaan silver leaf terlihat kinclong atau miror .... namun kali ini saya menggunakan pernis clear doff ....

Demikian .... tutorial singkat teknik dasar cara pasang silver leaf pada daun pintu dari saya, silahkan anda kembangkan sendiri teknik... cara aplikasi silver leaf ataupun gold leaf sesuai keinginan anda .... tq



Tidak ada komentar:

Posting Komentar