Minggu, 01 Juni 2014

CARA MEMBUAT MOTIF DENGAN SILVER LEAF

cara buat motif silver leaf    Cara membuat motif dengan silver leaf sangatlah mudah ......... kali ini saya sedikit akan memberikan tutorial singkat cara membuat motif menggunakan silver leaf .............. cara aplikasi atau membentuk motif dengan silver leaf ini .......... adalah hanya salah satu motif dari ratusan custom motif yang bisa kita bikin.


Dibawah ini ....saya akan berikan sekilas cara membentuk motif pada silverleaf menggunakan media dasar ....  laci-laci meja minimalis dari bahan MDF yang di sculpture .... pesanan dari klien langganan kami, beliau minta laci-laci meja tersebut di finishing dengan silver leaf sesuai sample yang pernah saya ajukan ... yaitu silver leaf dengan motif retakan berwarna hitam.

Tutorial singkat cara membuat motif dengan silver leaf:

  • 1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan ... seperti kertas ampelas, kape, dempul, cat dasar, kuas, kain, varnish, ahesive, silver leaf dll yang dibutuhkan.
  • 2. Siapkan media dasarnya .... bisa didempul, diamplas,  dibersihkan.

aplikasi teksture mdf dengan silver leaf

finishing mdf dengan cat silver




  • 3. Pelapisan cat dasar.
Pelapisan cat dasar sesudah sanding sealer ini bisa anda menggunakan warna gelap atau warna yang anda inginkan .... bisa waterbase atau cat dengan pelarut tinner ... tergantung sifat media dasar dan keinginan anda.


  • 4. Pelapisan adhesive atau perekat.
Anda bisa menggunakan adhesive milk waterbased maupun oil based.

lem prada atau adhesive wb gilder
Aplikasi atau pengolesan bisa menggunakan alat seperti kuas, spons, kain .... sesuai kebutuhan.

cara ngelim dengan wb gilder sebelum aplikasi cat silver

  • 5. Aplikasi / penempelan silverleaf sesuai motif yang diinginkan.

penempelan silver leaf untuk membuat motif
Sebaiknya anda menggunakan sarung tangan ... pada waktu mengangkat silver leaf supaya hasil finishing tidak ada motif bekas keringat yang tidak diinginkan .... he he, anda bisa robek robek ... atau acak acak .. ha ha .... silverleaf ..... dan tempelkan ... sesuai motif yang anda inginkan.


salah satu motif silver leaf
Setelah itu anda bisa menggosoknya dengan kain katun.


cat silver motif
Setelah sekira sesuai dengan keinginan anda .....  lalu anda bisa memberikan sentuhan aksen warna / color wax atau anda bisa lanjut ke tahap proteksi.

  • 6. Pelapisan varnish.

motif prada perak
Bila anda menggunakan adhesive oil base .... anda bisa finishing dengan top coat waterbase.
atau bila anda menggunakan lem waterbase milk gilder .... anda pisa top coat dengan bermacam varnish atau lacquer .... terserah sesuai yang anda inginkan baik pernis pelarut air, tinner, tiga komponen, PU dll..

  • 7. Selesai
 Itulah sedikit tutorial cara membuat motif dengan siler leaf ..... silahkan mencoba .... sebelum aplikasi sebaiknya anda menggunakan media berukuran kecil dahulu ....sebelum aplikasi pada media besar ...... semoga bermanfaat ..... tq  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar