Senin, 12 September 2011

Cara bikin bingkai atau frame dengan memanfaatkan kayu bekas

  Assalaamualaikum,.. Kali ini saya akan memberikan pelajaran tentang cara bikin bingkai atau frame dengan memanfaatkan kayu bekas, adapun kayu yang bisa kita gunakan untuk bahan dasar membuat bingkai atau frame ini bermacam macam dan mudah sekali kita dapatkan. Kita bisa mendapatkan dari sekeliling kita atau dari gudang kita bila hanya ingin membikin satu atau beberapa frame saja.

  Namun bila kita sudah mahir dalam membikin fram atau bingkai dan kita akan memproduksinya secara masal untuk tujuan dijual atau untuk tujuan menghasilkan rupiah tentunya kita membutuhkan banyak bahan kayu bekas ini. Kita tidak bisa mengandalkan gudang atau sekeliling rumah kita tentunya tapi kita bisa mendapatkan kayu limbah ini pada lapak-lapak yang menjual bahan-bahan bekas khususnya kayu.

  Sangat banyak dan bermacam limbah kayu yang dijual, tapi kalau kita ingin memproduksi secara masal tentunya kita membutuhkan jumlah dan stok bahan kayu yang setabil. Untuk itu kita bisa tentukan kayu jenis mana yang akan kita pakai.kalau saya biasa pakai kayu jenis jati belanda yaitu kayu bekas palet exs petikemas barang import yang biasa saya dapatkan dari pedagang kayu bekas.

  Kayu jati belanda bekas petik kemas atau yang biasa disebut kayu palet ini sangat kuat motif seratnya kelihatan jelas dan tidak mudah melengkung. Saya sangat senang bila melihat tumpukan kayu-kayu palet ini, untuk saya manfaatkan menjadi bingkai dari hasil karya kaligrafi saya. Ukuran kayu yang saya biasa pakai untuk bikin bingkai atau frame ini yaitu dengan lebar 7 atau 8 cm sedang ketebalanya 3 cm.

  Karena dengan menggunakan ukuran kayu tersebut bingkai hasil karya kita tampak kekar, lebar dan artistik bila digabungkan dengan kaligrafi timbul emas saya dan jangan heran kalau kaligrafi dengan bingkai kayu bekas palet ini sudah terjual ribuan biji. Finishing yang halus membuat kaligrafi dengan frame kayu palet ini tampak berkilau dan menarik hati yang melihatnya.

  Sebelum  kita mulai bikin bingkai ini kita perlu menyiapkan bahan-bahan :
1. Kayu bekas
2. Amplas kasar dan amplas halus.
3. Paku
4. Gun stepler (optional)
5. Lem kayu (optional)
6. Cat acrilic(bisa gunakan cat tembok bila belum bisa bikin cat yang ok)

   Selain bahan-bahan diatas kita juga  membutuhkan peralatan seperti:
1. Gergaji kayu (bila sudah profesional bisa dengan gergaji siku )
2. Palu kecil.
3. Siku ( bila tidah punya bisa dengan manfaatkan lantai kramik )
4. Mesin profil / perpil / ( optional )
5. Meteran
6. Pensil
7. Cutter / Kater

  Setelah bahan dan peralatan siap baiklah kita mulai coba bikin bingkai ukuran 60 x 90 cm :
1. Memotong kayu bekas
A. Sebelum memotong, Anda bisa beri garis tanda dulu dengan pensil yang telah di ukur sudut dengan menggunakan siku tapi bila tidak ada alat siku sobat bisa gunakan garis lantai keramik anda. Letakkan kayu bekas anda sejajar lurus pada garis lantai setelah itu tarik garis diagonal dengan memanfaatkan pojok dari setiap lantai dan kayu siap dipotang. Supaya hasil bingkai kayukita artistik dengan model menonjol pada bagian dalam maka dalam memotong kayu harus sobat ganjal dengan sesuatu seperi kayu kecil, pensil atau batre bekas yang kecil.
B.  Setelah  itu ambil meteran dan ukur pada bagian dalam kayu sepanjang 60cm beri garis siku dan kita potong lagi dengan di ganjal tentunya. Setelah semuanya terpotang yaitu 2 x ukuran 60 cm dan 2 x ukuran 90 cm maka kayu bingkai siap kia gabungkan.

2. Menggabungkan kayu bekas
Sambung atau gabungkan setiap pojok dari kayu bekas anda dengan diganjal dengan sesuatu sehingga sambungan tidak goyang setelah diberi lem kayu pada kedua sisinya. Nah bingkai atau frame yang kita bikin sudah mulai berbenuk.

3. Memberi garis lengkung pada kayu bingkai
Gunakan mesin perpil sobat, perpil atau profilah pada bagian sisi dalam bingkai kayu kita bagian luar juga bisa perpil juga bila anda mau.

4. Pengamplasan
Mengamplas bingkai kayu bekas kita dilakukan dua tahap yaitu menggunakan amplas kasar dahulu kemudian menggunakan amplas yang halus bila tidak ada lobang / luka pada kayu tapi bila ada, dempul dulu..

5. Finishing
Bingkai kayu bekas kita sudah setengah jadi, kita bisa menggunakan cat semprot untuk memberi motif tipis pada bingkai kayu kita, kalau ingin bingkai kayu kita tampak natural bisa kita panaskan menggunakan api sampai muncul garis-garis motif alami kayu, abis itu silahkan kalau mau di pernis.
Wow..... Bingkai kayu bekas kita sudah jadi, begitulah cara saya bikin bingkai atau frame dengan memanfaatkan kayu bekas setelah itu bisa kita pasang kaligrafi didalamnya, sekian dulu ya selanjutnya saya juga akan posting cara bikin bingkai kayu motif ukir etc. Wassalam.......daaa....

- Cara memberi motif guratan atau teksture pada bingkai kayu
- Grosir kaligrafi timbul prada emas
- Kursus cara bikin kaligrafi timbul prada emas
- Cara tulis kaligrafi timbul prada emas
- Jual bahan pewarna untuk kaligrafi timbul prada emas

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum......
Mbak kalau kursus memakan beberapa lama ya / hari... menyediakan tempat tinggal ngak mbak ? karena rumah sy di Blitar - Jawa timur

Risna Hanifah / Abu Saleh mengatakan...

ws.wr.wb ....kursus belajar teknik membuat kaligrafi timbul hanya butuh beberapa jam saja .....untuk selanjutnya anda harus melancarkan tulisan kaligrafi anda di rumah ......kemudian bila menemuin kesulitan anda bisa datang kapan aja atau telp atau sms ......kapan aja sampai bisa....klu kemaleman dari luar kota bisa nginep di gubuk saya .......tq

Poskan Komentar