Kamis, 22 September 2011

TIPS TRANSLIT BAHASA INDONESIA KE INGGRIS

  Kali ini saya akan berusaha sedikit memberikan tips tentang cara translit dari bahasa indonesia ke bahasa inggris, sedikit tips ini saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri saat membuat draf untuk saya posting kedalam website baru saya, karena website baru saya yang satu ini akan saya gunakan untuk mengikuti program affiliasi dan adsense maka posting yang saya bikin harus dalam bahasa inggris. Ceritanya begini,.......

Pada suatu hari, .........he...he...dikala hati ini sedang semangat untuk belajar lebih mendalami tentang cara menghasilkan dollar online, dan tiba waktunya dimana saya harus membuat posting dengan bahasa inggris, maka saya lakukan apa yang di syaratkan dalam membuat toko online dan program adsense .......:.) pertama saya bikin beberapa paragraf dengan menggunakan microsof office.

Setelah  itu saya masuk ke google transle dan saya copy beberapa paragraf berbahasa indonesia tersebut dan saya paste, dor,.......muncul hasil translite bahasa inggris,........dan ternyata banyak kata yang tidak berubah alias tidak bisa diterjemahkan oleh si embah google, lalu ane cari tahi,....eh tahu... kenapa bisa terjadi ?,..........setelah saya koreksi kata demi kata ternyata kesalahan ada di fihak saya.

Adapun kesalahan dan tipnya adalah sebagai berikut :
1. Ada beberapa kata yang kurang huruf.(kita yang mbaca tahu artinya tapi google tak bisa translit)
2. Ada dua kata yang bergabung karena adanya koma (,) dan tidak diberi sepasi ( contoh: kemarin,maka yang seharusnya kemarin, maka)
3. Ada angka dan kata yang bergabung karena adanya titik (.) dan tidak ada sepasi ( contoh: 1.Ada yang seharusnya !. Ada)
4. Kata gabungan seperi .......anda tahu lah....
5. Terlalu panjang kalimat menjadikan  translit dari google acak acakan.( kalau tips  saya....setiap kalimat pendek pada bahasa indonesia saya pisah dulu dengan koma trus nanti klu udah di translit ke inggris baru kita hapus komanya ......:)

Kiranya cukup sekian tips tips-an dari saya, mohon maaf bila kalimat dan penyampaianya yang sesingkat-singkatnya ini  kurang memuaskan, itu disebabkan tidak lain adalah karena penulis baru kurang enak badan, yang terpenting dari lubuk hati yang paling dalam, semoga ada sedikit masukan untuk anda yang pingin translit dari bahasa indonesia ke inggris ........terimakasih banyak .....daaa....

- Tips trik pasang google translit pada blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar