Thursday, 15 September 2011

CARA MEMBUAT KANVAS YANG ANTI JAMUR DAN TAHAN LAMA

  Sebagai seniman seperti kita ingin tentunya karya lukisan atau kaligrafi yang kita ciptakan tahan lama terhindar dari tumbuhnya jamur pada kanvas yang merusak keindahan lukisan atau kaligrafi kita. Maka pada kesempatan ini saya ingin coba posting tentang cara membuat kanvas yang anti jamur dan berharap bisa tahan lama puluhan hingga ratusan tahun.

  Seperti yang sering kita temukan di pasaran banyak hasil lukisan yang sudah rusak oleh jamur hanya dalam waktu beberapa tahun saja,itu karena pembuat kanvas atau media dasar lukisan tersebut tidak memperhatikan akibat dari bahan yang digunakan untuk kurun waktu yang lama,mereka menggunakan bahan yang bisa menimbulkan tumbuhnya jamur seperti kanji,lem kayu dan bahan yang lain yang dilarutkan dengan air.

  Kanvas anti jamur yang saya ciptakan mempunyai banyak kelebihan diantaranya tidak menyerap air bila kehujanan sehingga tidak meninggalkan noda bekas terkena air. Permukaan lebih licin dan halus sehingga tidak banyak menyerap cat minyak bila dipakai untuk melukis. kaligrafi timbul emas yang saya biasa bikin pun lebih kuat menggigit pada kanvas tersebut.

  Cara membua kanvas yang anti jamur dan tahan lama yang saya ciptakan sebenarnya sederhana sekali dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya,yaitu bahan yang tidak membutuhkan air sebagai pelarutnya dan juga tidak menggunakan minyak tentunya…..Ok, baiklah saya mulai  cara membuat kanvas yang anti jamur dan tahan lama ini.

  Bahan untuk membuat kanvas yang anti jamur dan tahan lama:
1. Kain atau Triplek ( model apa saja yang penting kuat )
2. Aqua proof transparan ( di encerkan dengan air )
3. Calsium / cac O3 ( bahan lembut seperti talek tapi lebih berat)
4. Titant ( Bahan  seperti semen putih berfungsi sebagai pemutih )

  Peralatan untuk membuat kanvas yang anti jamur dan tahan lama:
1. Kaleng /wadah plastic ( tempat untuk mengaduk campuran )
2. Tongkat kayu ( alat untuk mengaduk )
3. Mixer ( bila ingin hasil lebih halus )

  Cara membuat kanfas yang anti jamur dan tahan lama :
1. Masukkan kedalam wadah.
  - Calsium ( seperempat dari wadah)
  - Titant (setengah sendok makan )
2. Campur kedu bahan ( diaduk dengan tongkat )
3. Masukkan aqua proof cair. (Aduk dengan mixer dan masukkan lagi sedikit demi sedikit sampai rata)
4. Silahkan anda mengecat triplek atau kain yang sudah di bentangkan dengan bahan campuran cat tersebut.
5. Jemur sebentar ,dan selesai........:)

  Mudah kan?........ Nah sekarang kanfas sudah siap sebagai media dasar untuk melukis atau membuat kaligrafi timbul emas anda........... Sementara cukup untuk postingan cara membuat kanfas yang anti jamur dan tahan lama, bagi kawan yang mau menambahkannya silahkan beri komentar ,……daaa…

- Grosir kaligrafi timbul prada emas
- Cara bikin bingkai atau frame dengan memanfaatkan kayu bekas
- Cra tulis kaligrafi timbul prada emas
- Kursus cara bikin kaligrafi timbul prada emas
- Jual bahan pewarna kaligrafi timbul prada emas

7 comments:

Anonymous said...

menarik...perkenalkan saya Andi di Jogja. meskipun sekedar hoby untuk mengisi waktu luang, saya sering melukis dengan media cat akrilik di atas kanvas, tidak jarang saya melapisi kain kanvas sendiri, tetapi sebagai pengikat calsium dan titant bukan akrilik cair akan tetapi lem kayu/PVAc, yang menjadi kendala sering ketika lembab atau terkena air lukisan akan berjamur dan retak bahkan mengelupas.
sekiranya berkenan bolehkah saya di jelaskan lebih lanjut tentang akrilik cair.
berapa perbadingan antara campuran calsium + titant dengan akrilik cairnya?
apakah sama perbandingan antara ketiganya ketika dilapiskan diatas triplek yang kaku dan kain yang lentur dan berpori?
biasnya di jual dimana? dan berapa harganya?
sebelumnya saya ucapkan Terima kasih

Risna Hanifah / Abu Saleh said...

ya... pak andi lem kayu memang begitu sifatnya ....keras tapi mudah leleh bila kena air dan mudah jamur....untuk campuran sebenarnya saya biasa pakai perasaan aja ...he5x..cara campurnya ...letakkan kalsium secukupnya di wadah campur 10% titan .... tuangkan akrilik dikit demi dikit aduk dengan kayu ....tuang akrilik lagi ...aduk lagi ...sampai tak ada gumpalan ...trus aduk dan tambah akrilik sesuai keenceran yang dibutuhkan..untuk harus kanvas lebih encer.... cari bahan di toko cat besar ...silahkan coba...

Anonymous said...

terimakasih banyak...akan saya coba

balchibara said...

Artikel yang sangat menarik bersumber dari pengalaman Anda. Saya juga punya pengalaman dalam membuat kanvas silakan klik http://balchibara.wordpress.com/tips-praktis-2/bikin-kanvas-sendiri/

Abu Saleh said...

ow....ok pak...

gallery maharku ikhsan said...

ass, bu saya mau pesan prada emas yang 10 m x 22 cm sama adhesive gold leaf marker yg putih kesurabaya semua ongkos plus kirim brapa....? trus entar ambilnya barang dimana, saya kmarin sdah campur kalsium sama a proof transparan tapi kok menggumpal trus tdk lengket ke triplek.....?

Risna Hanifah / Abu Saleh said...

prada emas 10 meter 65rb ads putih 100ml 65rb total plus ongkir jadi 140rb pak......sampai alamat / rumah bapak...klu blum terbiasa nyampurnya dikit 2 dulu pak ..... di coba2 pakai wadah kecil dulu .....klu nggak kalsium di encerin pake air dulu ....baru dicampur ke a proff atau plus cat tembok.......

Post a Comment