Kamis, 23 Januari 2014

LEM TERBAIK UNTUK PEMASANGAN GOLD LEAF

      Karena banyak yang bertanya tentang lem atau adhesive terbaik untuk gold leaf atau silver leaf …. Maka kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang lem yang paling cocok untuk gold leaf kertas emas lembaran, juga sedikit saja tips cara aplikasi atau pasang gold leaf karena cara aplikasi gold leaf sudah pernah saya posting di beberapa halaman saya.
 Lem terbaik yang cocok untuk gold atau silver leaf yaitu “ adhesive wb milk gilder “ / Lem SKG Leaf yaitu lem berwarna putih agak kental seperti susu dengan formulasi khusus water borne atau biasa di sebut water based karena memang bisa di larutkan dengan air, sehingga mudah untuk diaplikasikan untuk penempelan gold atau silver leaf juga prada emas. Lem SKG atau adhesive ini bisa di encerkan atau ditambah dengan air bersih 10%,20% bahkan sampai 50%, sehingga encer dan pas daya rekatnya …. tidak meninggalkan garis kuas.

“ Adhesive waterbased milk / Lem SKG Leaf “ ini juga mempunyai kelebihan yaitu …. Anda tidak perlu buru buru dalam penempelan gold leaf ….. karena masih berfungsi sejak kering -+10 menit  hingga lebih dari 24 jam …. Masih bisa di tempel dengan gold leaf ataupun prada emas. Sehingga kerjaan anda akan rapi dan terkendali dalam membuat dan membentuk.

Gold leaf setelah di tempel dengan Adhesive milk gilder / Lem SKG Leaf ini bisa di vernish dengan beragam varnish baik berbahan enamel, epoxy bahkan PU. Dan setelah di finishing dengan coating clear gloss atau mate akan menjadikan gold leaf anda tidak berubah karena oksidasi dan juga menjadi kuat bahkan anti gores, tidak seperti bila menggunakan Lem prada biasa yang lengketnya aja tapi gak ada kekuatan, … yang beredar dipasaran.

Seperti kasus kasus yang pernah saya restorasi ….. Kebanyakan mereka menggunakan lem waterbased putih biasa yg memang sangat lengket  …. tapi bila sedikit terkena benturan akan retak dan mudah dikeletek …. Sehingga hasil finishing yang sudah sempurna menjadi hancur dan membutuhkan restorasi total, ini karena lem gold leaf yang dipakai tidak bisa kering walau sudah di coat dengan bahan yang tebal…..

Keunggulan adhesive waterbase milk gilder / Lem SKG:
  • - Untuk pemasangan gold leaf dengan Lem SKG Leaf, maupun prada roll dengan Lem SKG Foil.
  • - Penempelan gold leaf / prada emas tidak perlu buru2 karena daya rekat tetap baik dari 10 menit hingga 24 jam lebih.
  • - Aplikasi adhesive / Lem SKG bisa dengan : kuas, spons, kain, spray, roll dll.
  • - Setelah lapisan emas di tempel ... bisa di top coat dengan berbagai type pernis.
  • - Mudah untuk membikin motif, baik dengan kape, kuas, botol ujung dilobangi ( untuk tulisan / lukisan timbul ) dan alat2 lain sesuai daya imajinasi seni anda.
  • - Ramah lingkungan.
  • - Tahan suhu hingga 300 derajat oC.
  • - Aman disimpan dalam waktu yang lama.
  • - Bisa untuk berbagai media termasuk styrofoam.
  • - Bisa merekat pada media yg licin ( sudah di coating ) sekalipun bahkan hasil tempelan prada / leaf lebih gilap dan kinclong.
  • - Dsb..... :-))


Sedikit cara aplikasi dasar dengan lem terbaik ini :
  • - Media yang akan diaplikasi harus bersih, dan halus.
  • - Bila anda bekerja dengan kuas ... kuas yang lembut dan terbuat dari bulu imitasi adalah yang terbaik biasanya dijual di toko alat lukis ( bulu kuas berwarna coklat lurus dan lembut ) ... karena tidak meninggalkan gelembung2 kecil.
  •  - Bila anda memakai roll yang terbaik yg roll spons ( sebaiknya spons jangan terlalu basah dengan air )
Anda boleh menekan roll pada tahap pertama ...untuk tahap perataan tidak boleh ditekan supaya gelembung2 tidak keluar..... ( ngambang saja yang penting roll berputar )
  • - Setelah terlihat rata tunggu beberapa menit dan periksa dengan punggung jari ... bila di sentuhkan sudah berasa kesat ... maka siap untuk di tempel dengan pelapis emas.
  • - Untuk media kasar seperti grc, tembok dll penggosokan ( prada roll ) dengan sikat cucian sedang untuk media yang halus bisa menggunakan kain. ( tekan ...gosok dengan kuat ke kanan, kiri dan memutar sampai rata dan kletek kulit pradanya .... gilap deh )
  • - Sebaiknya anda mencoba dengan media kecil dan halus dulu .... sampai mengenal sifat bahan ...bila sudah yakin bisa di aplikasikan ke media2 yg besar

Lem Prada SKG
Lem SKG untuk Gold Leaf dan Foil

 


Selamat mencoba........... :-).

14 komentar:

putra 3 B mengatakan...

Berapa harga andhesive wb milk ini bos ? Dimana bisa saya dapatkan ? Mksh

Agus Sudirman mengatakan...

Klik aja pak di menu "PRODUK" di bagian atas blog ini..... disitu ada daftar harga produk ... prada emas dan adhesivenya.

m.nasir mengatakan...

asskum...pak sy mau order bahan2 utk gilding tapi sy bingung untuk pengaplikasiannya apa sama antara gold leaf dg prada emas? mana yg lebih mudah?

Agus Sudirman mengatakan...

wswrwb. ya pak nasir ..... antara prada emas dan gold leaf .... masing masing punya cirikhas sendiri pak..... untuk lebih jelas silahkan baca postingan2 saya ...sebelumnya :-)

habi mengatakan...

kira" jika menggunakan clear coat untuk lem dari gold leaf boleh gak ?

Agus Sudirman mengatakan...

lem yang baik yg di butuhkan untuk aplikasi gold leaf dan prada diantaranya :
- Mudah di aplikasi baik dengan kuas, roll, spons brush, kain, dll.
- Masa efektif lama jadi dalam waktu lebih dari 24 jam masih lengket dan bisa di tempel.
- Bisa di top coat dengan hasil baik dan kuat setelah di aplikasi prada atau gold leaf.
- Tidak merubah warna dalam waktu yg lama setelah gold leaf finished.

Unknown mengatakan...

pak, bisa COD nggak?

Agus Sudirman mengatakan...

Untuk sekitar wilayah kita prada bisa pak cod khusus pembelian lem prada dll dalam jumlah tertentu

Unknown mengatakan...

Ini bisa diaplikasikan ke besi om? Kalau bisa saya minat, ada nomer wa om thks om

Unknown mengatakan...

No contact nya ngak bisa di hubungi gan ?

Agus Sudirman mengatakan...

contact pradaemas sudah bisa lagi... silahkan yg mau pesan prada emas, prada silver, lem prada, silver leaf, gold leaf, mirror gold, dll

Unknown mengatakan...

Harga lemny brp ya

CV Jepin mengatakan...

Maaf kalau utk perhiasan emas 24 karat bisa tdk ya��

Agus Sudirman mengatakan...

di coba coba aja pak...:-))

Posting Komentar